BLANTERVIO102

Tutorial Mudah Untuk Mengganti Font Pada HP Android

Tutorial Mudah Untuk Mengganti Font Pada HP Android
Monday, December 25, 2017
Pasti kita sering merasa bosan dengan font android yang itu-itu saja, banyak terdapat pilihan sih, tapi kita tetep akan merasa bosan bukan? ya sebagian orang kok yang ngalamin hal itu, dan disni kami akan berikan tips mudah bagaimana ubah font pada android yang berbeda, jadi font android kita tidak itu-itu saja, selain itu, disni juga kita bisa ubah font-font dengan font yang unik, jadi kebosanan dalam pengoprasian android tentu akan teratasi, cara barusan yakni untuk ubah font di luar font-font yang sudah disiapkan pada android, jika bebrapa rekanan inginkan ubah font pada android yang sudah disediakan, kita cukup menggantinya di settings android kita, tidak butuh kerjakan langkah yang akan kami terangkan ini, cara barusan hanya untuk ubah font diluar font yang disiapkan oleh sistem android.



Tetapi kita juga perlu cocokkan lagi waktu sudah ubah font, karna kebiasaan kita menggunakan font yang monoton, jadi waktu font berpindah, kita akan jadi sedikit bingung, keadaan begini wajar, dalam demikian hari kita juga sudah miliki kebiasaan dengan font baru kita, dan itu di sini langkah mudah dan cepat ubah font pada android, ada dua langkah menggantinya, pertama lewat langkah manual, ke-2 lewat langkah meng-install aplikasi dari play-store.

Menggunakan Hifont 

Pertama yakni menggunakan aplikasi yang dinamakan hifont, nah aplikais ini sudah pernah di test dan bertindak baik untuk ubah font android smartphone kita, tetapi perlu di garis bawahi, menggunakan aplikasi ini tidak semua smartphone dapat jalan tidak ada root, jadi ada banyak smartphone yang butuh di root dahulu agar bisa menggunakan aplikasi ini.

Untuk smartphone yg tidak membutuhkan root yakni Samsung Galaxy S3, S4, S5, Note, Note II, dan Note III, dan smartphone yang lain kita membutuhkan root untuk menggunakan aplikasi ini, root banyak peluang, satu diantaranya garansi hilang dan terkadang apabila tidak mengerti benar kerjakan root, dapat berjalan softbrick pada smartphone kita.

Langkah melakukan

Pertama kita perlu unduh aplikasi itu pada google play, kita bisa buka aplikasi play-store pada smartphone kita, lalu kita catat kata kunci (keyword) hifont dan kita ambil aplikasi itu.

Setelah kita sukses meng-install aplikasi hifont, lalu kita buka aplikasi itu, dan nantinya kita akan diberi sebagian pilihan font untuk kita ambil dan gunakan, dan tentu, semua font itu geratis.

Apabila kita menggunakan smartphone samsung, untuk ubah font ini demikian mudah, tinggal click saja font yang kita kehendaki, lalu terdownload lalu tetapkan font yang kita inginkan gunakan baru saja.


Jika smartphone kita kecuali samsung, jadi kita perlu kerjakan rooting, lalu kita reboot dan ikuti sebagian langkah seperti diatas, selain itu hifont bisa pula merubah ukuran font seperti ukurang yang kita kehendaki.

Menggunakan Ifont 

Prinsip basic ifont hampir sama saja dengan hifont umumnya, ada banyak smartphone yang perlu di root terlebih dulu menggunakan aplikasi ini, dan untuk smartphone yang tidak butuh diroot yakni Samsung Galaxy S3, S4, Note, dan Note II, dan untuk smartphone lain kita perlu kerjakan root apabila kehendaki merubah font dengan aplikasi ini.

Langkah lakukan
Kita bisa unduh pada play-store, kita buka play-store lalu kita mencari dengan kata kunci (keyword) ifont, lalu ambil dan instal, dan ini geratis.


Setelah kita instal, buka aplikasi hifont pada smartphone kita.

Dalam penggunaan ifont cukup mudah, kita bisa merubah ukuran font, unduh font, atau ubah font hanya dengan sekali click saja.

Ifont pada android

kita bisa pula kerjakan preview pada aplikasi ini, sampai kita dapat mengkostimasi dengan baik dan sama seperti selera kita karna kita bisa kerjakan preview terlebih dulu memberikan keyakinan akan menggunakan font itu atau tidak.

Kerjakan flash pada font
Langkah yang ini kita tidak butuh kerjakan root pada smartphone kita waktu inginkan ubah font kita, tetapi memang agak ribet menggunakan cara barusan, cara barusan hanya ubah stock font kita menggunakan font baru, atau flash ulang font kita.

Walau yang sudah mengerti android akan mudah menggunakan cara barusan, tetapi membuat perlindungan keamaan, lebih baik backup dahulu data-data kita agar lebih aman, hanya untuk pengamanan kenapa tidak? dan backup yakni satu di antara menghindar yang terbaik dari pada harus kehilangan data-data.

Langkah mengerjakannya
Note : disni kami hanya akan berikan langkah, tips dan trik, semua peluang pada smartphone tidaklah tanggung jawab kami, semua penuh tanggung jawab pembaca dan cara barusan dapat ditangani pada android 4. 0 ke atas

Pertama kita perlu unduh font dahulu, peluang ini kita akan menggunakan font yang di buat seorang develpoer pada komune xda, file font itu berupa zip dan kita bisa mendowloadnya disni

Setelah kita ambil, lalu simpan file zip baru saja pada, kita bisa menyimpannya pada memori internal atau external, terserah kita menginginkan yang mana bebas, tapi kami sarankan di external memori atau SD card.

Lalu booting smartphone kita pada recovery jenis, disni nantinya kita bisa kerjakan flashing font kita, dan langkah masuk recovery jenis smartphone berbeda, apabila bebrapa rekanan tidak mengerti langkahnya, silahkan tanyalah pada kami langkahnya dengan smartphone yang bebrapa rekanan punyai, bebrapa rekanan bisa kemukakan pertanyaan pada kolom komentar dibawah artikel ini.

Setelah masuk recovery jenis, tetapkan Install atau Install from SD card.

Lalu tujukan pada folder dimana baru saja kita menyimpan file font baru saja.

Tetapkan file zip baru saja dan ok

Tunggu sampain font terinstall, lalu tujukan kembali ke tempat dimana kita bisa kerjakan wipe data.

Lalu wipe dalvik cache.

Setelah selsai, reboot smartphone kita

Apabila semua benar, jadi kita sudah bisa tentukan font yang akan kita gunakan, tetapi apabila kita alami bootloop atau stuck di logo setelah kerjakan cara barusan, restore smartphone kita dan ulangilah lagi.





Menggunakan ADB
Untuk menggunakan ADB, pertama kita harus mempunyai file adb dalam pc atau laptop kita, ke-2 optimis USB debugging pada smartphone kita aktif, jika kita belum juga sempat juga menggunakan adb, lebih baik jalani dulu apakah itu adb, agar tidak berjalan kesalahan waktu kerjakan langkah itu.



Note : disni kami hanya akan berikan langkah, tips dan trik, semua peluang pada smartphone tidaklah tanggung jawab kami, semua penuh tanggung jawab pembaca.

Pada cara barusan kami akan menggunakan contoh font yang akan kita ubah, contoh nama font yang akan kita ubah yakni rosemary, dan inginkan kita ubah dengan nama font century, berarti kita akan ubah century. ttf dengan rosemary. ttf, ini yakni format satu font.

Langkah melakukannya

Pertma, sambungkan smartphone kita dengan PC atau laptop, setelah smartphone kita terdeteksi pada ADB, lalu lewat adb kita ganti nama font kita dari century. ttf jadi rosemary. ttf.

Lalu setelah kita ubah jadi rosemary. ttf, copy paste file baru saja pada SD card, biasanya folder ini berada di/sdcard

Lalu buka command prompt pada adb.

Lalu catat perintah

adb shell
Setelah itu
su
mount -o remount, rw/system

Dan untuk menjaga-jaga kita backup juga font rosemary. ttf langkahnya jadi berikut

cd/system/fonts

mv rosemary. ttf rosemary. ttf. bak

Lalu kita perlu copy file rosemary. ttf baru saja ke tempat dimana font ini akan di gunakan, untuk melakukanya langkahnya sebagai berikut.

cp/sdcard/rosemary. ttf/system/fonts

Kemudian nantinya kita akan di konfirmasi bila file yakni readable, apabila file tidak bisa di read, makan smartphone kita akan brick, file yang readable akan peroleh permision 644 atau 666

untuk memberikan keyakinan input perintah chmod 644 rosemary. tt

Lalu keluar dari command prompt baru saja dengan cara
exit

Kemudian, reboot smartphone kita, dan font sudah berpindah.

Demikan langkah mudah dan gampang ubah font pada smartphone androdi, apabila cara-cara diatas ada yang bebrapa rekanan belum mengerti, silahkan komentar pada kolom komentar, dan tanyalah pada kami, kami akan dengan sukai hati membantu sebisa kami.
Share This Article :
Who Media

TAMBAHKAN KOMENTAR